Hukum dan keutamaan sedekah Online-alhudapeduli
12thOkt

Hukum dan Keutamaan Sedekah Online

Alhudapeduli.com | Sedekah online, mendengarnya saja sudah terbayang berbagai hal dalam fikiran kita yang tentu merangsang nalar kita di era digital ini. terbayang, computer, smartphone dan Gadget lainnya.

Tentu kita sadari bahwa amalan sedekah yang luar biasa ini, adalah amalan yang bebas kita lakukan, Allah tidak mempersulit. Namun tahukah Anda, bahwa ternyata Sedekah Online, yakni sedekah secara online pernah menjadi polemik diantara kaum muslimin?.

Hukum sedekah online

Polemik yang terjadi adalah, terkait sedekah berupa zakat. Karena ada sebagian ulama yang berpendapat bahwa diantara syarat diterimanya Zakat adalah adanya Ijab Qobul, lalu bagai mana dengan sedekah online? Karena diantara tujuan sedekah online adalah mengefisienkan waktu agar transaksi terjadi tanpa sang pemberi sedekah harus bertemu terlebih dahulu dengan sang penerima sedekah.

Namun persoalan zakat online ini sudah bisa teratasi. Dengan cara, pemberi zakat harus berniat terlebih dahulu. Lalu tempat penerima sedekah online akan mengirimkan pesan singkat melalui ponsel sebagai bentuk serah terima dan doa.

Terlebih untuk sedekah yang tidak memerlukan ijab Qobul, maka dapat dipastikan bahwa sedekah secara online hukumnya adalah Boleh, atau di terima.

Selain itu sedekah online memiliki keutamaan sendiri, diantaranya sebagai berikut.

Keutamaan Sedekah Online

  1. Efektif dan Efisien

Sedekah dapat dilakukan dengan mudah, tanpa haris beranjak dari kursi. Dan kita bisa dengan mudah mencari target sedekah meskipun target sedekah kita adalah orang-orang yang sangat jauh dari lokasi kita tinggal.

  • Lebih terhindar dari sifat Ria

Dengan sedekah secara online, maka kita bisa lebih menjaga ke ikhlasan niat kita dalam bersedekah, hanya dengan mengetik nominal di Handphone tanpa ada orang yang tahu, kita sudah melaksanakan satu ibadah yang sangat Agung sekali pahalanya di sisi Allah.

Adapun hal yang harus kita perhatikan dalam bersedekah secara online antara lain:

Target sedekah

Perlu kita ingat bahwa sedekah adalah bisnis kita dengan Allah, Kita meminjamkan harta di dunia, dan kelak Allah akan membalasnya berkali lipat di Akhirat, inilah yang di maksud ikhlas. Hanya mengharapkan balasan dari Allah.

Maka dari itu, dalam bisnis ini sudah seharusnya kita menanam saham kepada target terbaik yang akan membuahkan pahala berlipat ganda.

Seperti bersedekah untuk para penghafal al-Qur’an, Wakaf sumur, wakaf masjid, wakaf dakwah, beasiswa untuk santri yatim penghafal qur’an dan sedekah jenis lain yang pahalanya akan terus mengalir meski kita sudah meninggal.

Segala puji bagi Allah, begitu mudah jalan menuju kebaikan. Sangat merugilah jika kita menyia-nyiakan semua kesempatan yang telah Allah berikan.

Mari saat ini juga, kita muali dengan membuat jadwal sedekah harian, mingguan dan bulanan kita. Semoga Artikel ini bermanfaat dan memotivasi kita untuk menjadi insan soleh dan saliha yang hidup dengan penuh manfaat bagi orang lain.

Aamin

Penulis : Wira al-Ghoruty, S.Pd.I