26thSep

KEUTAMAAN SEDEKAH DI HARI JUM’AT

Apa itu sedekah Jum’at?

Berbeda dengan Sedekah bumi, sedekah laut ataupun sedekah-sedekah yang berbau kemusyirkan, Sedekah Jum’at adalah sedekah yang sangat kaya keutamaannya jika kita sebagai seorang muslim melaksanakannya.

Secara umum sedekah adalah amal baik yang pahalanya sangat besar meski dilakukan kapanpun dan dimanapun. Hanya saja terkadang Allah dan Rosulnya mengutamakan beberapa keadaan diantara keadaan lainnya.

Contoh :

Sedekah dengan sembunyi-sembunyi lebih baik daripada sedekah terang-terangan, karena hal tersebut lebih dapat menjaga keikhlasan kita.

Contoh lainnya, Amal baik yang dilakukan pada bulan ramadhan lebih baik dibanding di bulan yang lainnya.
Nah, Semisal dengan bulan Ramadhan, Hari Jum’at merupakan hari yang Allah muliakan dibanding dengan hari lainnya.

Dalil keutamaan Sedekah Hari Jum’at :

Rosulullah bersabda :

Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari jumat, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin shalat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintannya.” (HR. Muslim)

Dalam kitabnya zadul ma’ad Ibnul Qoyim rahimahullah terkait sedekah di hari jum’a menjelaskan :

Bahwa sedekah di hari jumat memiliki keistimewaan khusus dibandingkan hari yang lain. Sedekah di hari jumat, dibandingkan dengan sedekah di hari yang lain, seperti perbandingan antara sedekah di bulan ramadhan dengan sedekah di selain ramadhan. Saya pernah melihat Syaikhul Islam – rahimahullah – apabila beliau berangkat jumatan, beliau membawa apa yang ada di rumah, baik roti atau yang lainnya, dan beliau sedekahkan kepada orang di jalan diam-diam. Saya pernah mendengar beliau mengatakan,

“Apabila Allah memerintahkan kita untk bersedekah sebelum menghadap Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka bersedekan sebelum menghadap Allah lebih afdhal dan lebih besar keutamaannya.” (Zadul Ma’ad, 1/407).

Sedekah adalah amalan yang baik, dilakukan di hari yang paling baik, menjadikan amalan tersebut menjadi amalan yang luarbiasa.

Amalan-amalan sunnah yang disyariatkan dilakukan di hari jum’at

Adapun beberapa Amalan sunnah yang tidak boleh kita lewatkan dihari jum’at selain sedekah antara lain :

 1. Memperbanyak shalawat

2. Membaca surat Al Kahfi

3. Memperbanyak do’a.

4. Adapun beberapa amalan jum’at yang tidak boleh dilewatkan oleh kaum laki-laki antara lain :

  • Mandi, bersiwak, dan memakai wangi-wangian.
  • Berpagi-pagi menuju tempat shalat jum’at.
  • Diam mendengarkan khatib berkhutbah.
  • Memakai pakaian yang terbaik.
  • Melakukan shalat sunnah selama imam belum naik ke atas mimbar.

Semoga Artikel kali ini dapat, memotivasi kita untuk semangat beramal baik terutama bersedekah dihari jum’at. Aamin.